Updog.co, Cara Buat Website Menggunakan Dropbox dan Google Drive

0
48
views
Tampilan Halaman Beranda

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa file hosting terkenal seperti Dropbox atau Google Drive menyediakan API yang bisa digunakan untuk rendering file html atau statis file lainnya, jadi saat kita membuka file itu maka yang muncul adalah isi dari html itu. Dengan cara ini kalian dapat menjadikan Dropbox atau Google Drive sebagai hosting untuk web statis yang kalian miliki. Untuk lebih jelasnya, Application.id akan me review UpDog.co.

Sebelum itu, bagi yang belum mengetahui apa itu Web Statis, dikutip dari CaraWebs.info, Web statis adalah website yang mana pengguna tidak bisa mengubah konten dari web tersebut secara langsung menggunakan browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanyalah seputar pemrosesan link saja. Halaman-halaman web tersebut tidak memliki database, data dan informasi yang ada pada web statis tidak berubah-ubah kecuali diubah sintaksnya. Dokumen web yang dikirim kepada client akan sama isinya dengan apa yang ada di web server. Contoh dari web statis adalah web yang berisi profil perusahaan, profil priadi, dan landing page. Di sana hanya ada beberapa halaman saja dan kontennya hampir tidak pernah berubah karena konten langsung diletakan dalam file HTML saja.

UpDog adalah hosting untuk web statis yang didukung oleh API Dropbox dan Google Drive. Updog.co berjalan pada Server Digital Ocean. Kalian bisa menghosting web statis dalam bentuk html, dan menggunakan Jekyll atau Middleman

Updog menggunakan aplikasi Ruby on Rails diintegrasikan dengan Dropbox API dan Google Drive API. Aplikasi ini mengubah permintaan untuk updog.co ke Dropbox atau Google Drive, dan mengirimkan hasilnya kembali dalam bentuk tampilan.

Untuk mengurangi mencapai batas API Dropbox, permintaan API disimpan dalam cache selama 30 detik menggunakan memcached.

Updog.co dirilis pada 22 Februari 2015 oleh Jesse Shawl.  Updog.co memiliki dua versi, yaitu Free dan Pro, untuk menjabarkan perbedaan dari dua versi tersebut, maka akan Application.id jelaskan di bawah ini:

Fitur Versi Free dalam UpDog.co:

1. Sinkronkan Situs Anda Dengan Secara Langsung

Upload file statis seperti HTML, CSS dan JS milik kalian ke dalam Folder yang terintegrasi dengan UpDog.co, maka akan secara instant menampilkan file tersebut dengan mengunjungi alamat url yang kalian punya.

2. Tidak Perlu Aplikasi

Yang kalian butuhkan hanya akses untuk mengupload file web statis kalian ke dalam Dropbox atau Google Drive kalian, maka web statis kalian akan langsung dapat berjalan.

3. Custom Domain

Kalian dapat menggunakan Subdomain dari updog.co seperti namamu.updog.co atau menggunakan domain lain dengan cara mengganti cname domain yang kalian ingin gunakan ke updog.co

4. Custom Halaman 404

Updog.co juga menyediakan fitur custom, kalian hanya membuat file 404.html lalu hubungi kontak Adminnya untuk mengatur redirect ke halaman 404 itu.

5. Custom Favicon

Untuk hal ini kalian dapat mengaturnya pada halaman index web statis kalian. Untuk caranya silahkan browsing sendiri.

6. Hanya Satu Web Statis

Untuk yang versi free pada updog.co, maka kalian hanya dapat membuat satu folder web statis di Dropbox atau Google Drive.

Fitur Versi Pro dalam UpDog.co:

1. Semua Fitur Pada Versi Free

2. Support Markdown

Fitur ini hanya untuk versi Pro. Jadi tak hanya HTML, CSS dan JS, Updog.co juga support file Markdown atau file berformat .md dan .markdown. Untuk fitur ini kalian harus menambahkan kata  ?raw  pada bagian akhir url agar dapat merender file markdown tersebut.

3. Custom Folder

Jika Anda menggunakan versi Free, maka untuk letak Folder web statis Anda pada Dropbox, yaitu  root/Aplikasi/Updog/namasubdomainanda  dan untuk Google Drive maka  root/Updog/namasubdomainanda . Jika kalian menggunakan versi Pro maka kalian dapat menentukan Folder untuk web statis anda dimanapun di dalam Dropbox atau Google Drive kalian.

4. Web Yang Tidak Terbatas

Jika pada versi free kalian hanya dapat membuat satu web statis (maksudnya satu folder root yang kalian dapat isi dengan file web statis kalian, tapi kalian dapat membuat subfolder pada folder tersebut). Maka di versi Pro ini, kalian dapat membuat web statis sebanyak-banyaknya (Membuat folder root web statis sebanyak-banyanya) yang sesuai dengan kapasitas Dropbox atau Google Drive kalian.

5. Deploy Jekyll dan Middleman

Bagi yang belum tahu, Jekyll dan Middleman merupakan web statis generator. Jadi kalian dapat membuat web statis tanpa harus susah payah coding manual..

6. Membuat Halaman Kontak

Bagi kalian yang tidak mau ribet coding halaman kontak secara manual, maka pada versi pro kalian dapat membuat halaman kontak hanya dengan memasukkan beberapa baris kode yang akan membuat halaman kontak yang terhubung dengan email anda pada akun updog.co versi pro kalian.

7. Menggunakan Password

Bagi kalian yang ingin memproteksi web statis kalian agar tidak dapat diakses oleh orang-orang yang tidak kalian izinkan, maka kalian dapat menggunakan fitur ini.

8. 5 Detik Waktu Cache

Seperti yang kalian baca di atas sebelumnya, jika pada updog permintaan API disimpan dalam cache selama 30 detik menggunakan memcached. Maka kalian medapatkan waktu 5 detik pada versi Pro agar waktu akses web kalian lebih cepat.

Dan ada satu hal lagi yang masuk dalam kekurangan versi Free pada Updog.co, jika kalian menggunakan versi free maka dibagian bawah web statis kalian akan ada tulisan “Host your own website for free with UpDog”. Bagi kalian yang menggunakan updog hanya untuk kepentingan pribadi mungkin tidak akan mempermasalahkan hal ini, akan tetapi jika kalian ingin menggunakan untuk membuat web statis yang profesional maka harus menggunakan versi Pro.

Kekurangan pada versi free updog.co

Biaya Pada Updog.co

Untuk versi free maka kalian tidak akan dipungut biaya apapun dan untuk versi Pro maka kalian dikenakan biaya perbulan sebesar $3. Untuk pembayaran menggunakan VCC dan Paypal. Untuk saran saja, Admin Application.id pernah menghubungi Jesse Shawl pada halaman kontak di Updog.co dan Dia memberikan diskon 20% yang bisa kalian dapatkan di sini.

Biaya pada Updog.co

Support

Bagi kalian yang mengalami kesulitan atau mempunyai pertanyaan bisa langsung tanyakan di halaman kontak. Mungkin sebelum kalian menghubungi lewat kontak, Kalian bisa membaca juga halaman FAQ dan juga bisa mengunjungi di halaman Github

ScreenShot

PembuatJesse Shawl
HargaGratis dan Berbayar
LicenseOpen Source via Github
Works OnWeb Interface
Changelog
Demo
DownloadNo Download Required

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here