Tips Meningkatkan Performa WordPress dengan Cloudinary

0
67
views

Mungkin banyak cara yang Kalian dapat lakukan untuk meningkatkan performa wordpress yang kalian miliki. Dimulai dari pemilihan hosting yang baik, plugin, theme, penggunaan CDN, dan masih banyak lainnya. Tetapi masih banyak yang belum tahu, bahwa kita dapat menggunakan Cloudinary untuk meningkatkan performa wordpress, berikut ini akan Application.id jabarkan mengenai Tips Meningkatkan Performa WordPress dengan Cloudinary untuk wordpress kalian.

Cloudinary adalah layanan yang mengelola kebutuhan gambar dan video Anda yang di hosting di awan. Mungkin singkatnya, Tempat untuk hosting gambar, video atau file diluar dari tempat hosting wordpress kalian. Untuk lebih jelasnya tentang Cloudinary bisa baca di artikel Cloudinary, File Hosting Terbaik Untuk WordPress

Dengan Anda menyimpan gambar, video atau file di Cloudinary memiliki keuntungan seperti, Menghemat kapasitas hosting dan bandwidth hosting, Mempercepat loading wordpress kalian karena Cloudinary menggunakan CDN dan mengurangi beban server WordPress kalian.

Application.id menggunakan Cloudinary sebagai hosting untuk menyimpan semua gambar yang ada di sini, seperti logo, gambar unggulan pada posting, gambar postingan, favicon, dll.

Kemudahan yang ditawarkan Cloudinary untuk pengguna WordPress karena Cloudinary memiliki plugin sendiri, jadi kalian dapat mengupload gambar atau video langsung dari dashboard wordpress. Untuk mendownload plugin Cloudinary bisa kunjungi halaman resmi pluginnya di sini

Berikut penampilan antarmuka Cloudinary di dashboard wordpress.

Tampilan Antarmuka

Tampilan Antarmuka Cloudinary - Application.id
Tampilan Antarmuka Cloudinary

Tampilan Antarmuka Pengaturan File

Tampilan Antarmuka Pengaturan File - Application.id
Tampilan Antarmuka Pengaturan File

Seperti yang kalian lihat di gambar bahwa kalian dapat mengupload gambar secara drag and drop dan juga kalian dapat mengupload gambar dari berbagai sosial media atau dari link url gambar yang langsung ke upload di Cloudinary kalian tanpa harus download dulu lalu upload kembali. Jadi dapat menghemat kuota internet Anda.

Kalian juga dapat mengatur format gambar, kualitas gambar, ukuran, alt, title, meta deskripsi, dan masih banyak lainnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Tips Meningkatkan Performa WordPress dengan Cloudinary dari Application.id:

1. Upload via url

Bagi kalian yang selalu mengambil gambar dari google atau sumber gambar lainnya, Saya sarankan upload menggunakan url ke Cloudinary.

Caranya copy url gambar yang kalian ingin gunakan > lalu buka antarmuka cloudinary di dashboard kalian > pada bagian upload images, klik kalimat “More upload options…” lalu paste url gambar yang kalian ingin upload pada kolom yang tersedia > tekan upload dan otomatis terupload langsung ke dashboard kalian.

2. Pengaturan Gambar

Pemilihan format gambar sangat penting untuk kecepatan wordpress, kalian harus mempelajari format gambar apa saja yang tepat untuk gambar yang kalian ingin tampilkan di wordpress kalian. Tips dari Saya jika pengguna wordpress kalian kebanyakan pengguna Google Chrome, bisa menggunakan format .WebP karena format tersebut memang buatan Google jadi sangat cocok dan sangat cepat terload pada Google Chrome. Kelemahannya, gambar tidak tampil jika browser pengunjung tidak support format .WebP, kalian dapat melihat browser mana saja yang cocok untuk gambar format .WebP di sini

Untuk pengaturan kualitas gambar, Application.id menggunakan pengaturan Automatic – best quality.

3. Plugin Tambahan

Gambar yang di upload di Cloudinary pada Dashboard wordpress tidak akan otomatis muncul di Media pustaka wordpress. Bagi kalian yang ingin menggunakan gambar unggulan untuk posting dari Cloudinary. Kalian dapat menggunakan plugin Featured Image From URL. Tetapi bagi kalian yang tidak ingin menggunakan plugin tambahan, Application.id memiliki trik agar gambar yang kalian upload bisa muncul di media pustaka wordpress. Kalian harus input gambarnya ke dalam postingan terlebih dahulu, lalu hapus gambar tersebut, dan lihatlah bahwa gambar tersebut akan muncul di media pustaka wordpress kalian.

Mungkin banyak aplikasi serupa Cloudinary, tetapi menurut pengalaman Saya bahwa Cloudinary yang terbaik kalian coba jika kalian tidak memiliki dana untuk penggunaan aplikasi hosting gambar karena Cloudinary menyajikan versi gratis yang sangat cukup untuk wordpress kecil dan berkembang. Kalian bisa coba aplikasi UploadCare, tetapi dengan versi gratis yang lebih terbatas. Keunggulan UploadCare, kalian dapat mengintegrasi UploadCare dengan file hosting seperti Google Drive, Dropbox, Box, dll jadi kalian bisa upload langsung dari file hosting tersebut ke UploadCare.

Bagi kalian yang memiliki referensi lain aplikasi serupa bisa berikan komentar di kolom komentar.

Sekian artikel Tips Meningkatkan Performa WordPress dengan Cloudinary dari Application.id, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here